'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) PDA Banyumas Peduli Banjir
18 Mei 2022 08:20 WIB | dibaca 50

Curah hujan yang tinggi pada pertengahan Maret 2022 mengakibatkan bencana banjir di beberapa daerah di Kabupaten Banyumas. Bagian selatan kabupaten itu yang meliputi wilayah Kecamatan Kemranjen, Sumpiuh, dan Tambak merupakan daerah yang terimbas banjir. Jumlah warga terdampak meliputi  429 jiwa di Kecamatan Kemranjen, 350 jiwa di Kecamatan Sumpiuh, dan 2.845 jiwa di Kecamatan Tambak.

Sebagai bentuk kepedulian, Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Asiyiyah berkoordinasi dengan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Banyumas melakukan penggalangan dana melalui Kantor Layanan (KL) Lazismu Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Banyumas. LLHPB juga ikut membantu dengan mengirimkan tim untuk penyelenggaraan dapur umum di Kecamatan Tambak dan Sumpiuh serta mengadakan pengobatan gratis bagi warga yang membutuhkan. Hal tersebut dilakukan dalam sebuah rangkaian kegiatan yang berlangsung dari tanggal 18 Maret – 22 Maret 2022. Kegiatan resmi ditutup pada Rabu sore (23 Maret 2022) karena curah hujan sudah berkurang dan banjir telah surut sehingga warga dapat beraktivitas kembali seperti sedia kala. 

Para relawan yang terlibat dalam kegiatan dapur umum membawa bantuan berupa sayuran dan kebutuhan dapur. Sementara PDA Banyumas memberikan bantuan berupa uang serta akomodasi lainnya untuk kelancaran transportasi. Pada kesempatan itu, Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) setempat mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan respon yang diberikanoleh para relawan maupun PDA Banyumas. Semua barang bawaan tersebut sangat dibutuhkan oleh warga yang terdampak banjir.

  

Selain di tiga kecamatan itu, LLHPB juga memberikan respon terhadap bencana banjir bandang yang terjadi di Banyumas bagian barat tepatnya di Desa Pengadegan, Kecamatan Wangon. Banjir bandang ini mengakibatkan barang-barang dan isi rumah warga terbawa arus air yang deras, bahkan sapi dan hewan-hewan ternak lainikut pula terbawa selain jembatan yang rusak diterjang banjir bandang tersebut.

 

Penulis: Sukowati

Editor  : Mintarti

Shared Post: