'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Banyumas Menyelenggarakan Pelantikan dan Penerimaan SK Kepala SD dan PAUD ‘Aisyiyah se-Kabupaten Banyumas secara serempak
19 April 2022 16:09 WIB | dibaca 31

Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Banyumas telah menyelenggarakan pelantikan dan penerimaan Surat Keputusan (SK) Kepala SD dan PAUD ‘Aisyiyah se-Kabupaten Banyumas Periode Tahun 2022-2026, pada Kamis 31/03/2022. Kegiatan ini dipusatkan di Aula Abu Dardiri PDM Banyumas.

Acara pelantikan yang diadakan oleh Majelis Dikdasmen tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banyumas Irawati, S.E., Ketua IGTKI Eli Indriastuti, S.Pd., Ketua HIMPAUDI Ina Yukawati, serta Ketua dan Sekretaris PDA Dr. Zakiyah, M.S.I. dan Dra. Rasiwen. Hadir pula dalam acara itu, tamu undangan dari Muslimat Nahdhatul Ulama (NU) Ambarwati dan Supriyati. Perwakilan dari 27 Majelis Dikdasmen Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) se-Kabupaten Banyumas juga ikut menyaksikan kegiatan ini.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan yang diikuti oleh sebanyak 150 Lembaga PAUD ‘Aisyiyah yang terdiri atas SD 1 lembaga, TK 106 lembaga, KB 42 lembaga dan TPA 1 lembaga ini dilaksanakan secara serempak.

Acara diawali dengan laporan Ketua Majelis Dikdasmen PDA Banyumas Sri Herowati, S.Pd.AUD. Dalam laporannya ia mengatakan, kegiatan ini merupakan program yang dilaksanakan 4 tahun sekali atau satu periode masa kerja kepala sekolah. Masa kerja kepala SD dan PAUD di Aisyiyah adalah selama 4 tahun dan dapat diangkat kembali pada periode berikutnya, dengan maksimal 2 periode masa kerja (8 tahun). Pada kesempatan ini, Sri Herowati mengucapkan selamat kepada mereka yang dilantik. Ia berharap agar mereka dapat amanah dalam menjalankan tugas sehingga dapat menjadi berkah untuk semua.

“Saya mengucapkan terimakasih untuk LazisMu Banyumas yang telah memfasilitasi pelaksanaan pelantikan ini,”pungkasnya.

Dalam prosesi pelantikan ini dibacakan SK dari PDA Banyumas oleh Sekretaris Majelis Dikdasmen Zubaida Widhiana. Sementara naskah pelantikan dibacakan oleh Koordinator Majelis Dikdasmen Dra. Nasiyah dan pakta integritas oleh Dwiana Puspitasari, S.Pd.,perwakilan calon kepala sekolah dari Kelompok Bermain ‘Aisyiyah Berkoh.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Banyumas Irawati, S.E. dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada mereka yang sudah dilantik.

“Harapan kami, hendaknya bisa segera menyesuaikan dengan ketentuan yang diatur Permendikbudristek Nomor 40 Tahun 2021 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah. Guru bisa diberi tugas sebagai kepala sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan transformasi pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik. Kami harap Ketua PDA dan Majelis Dikdasmen mendorong semua kepala sekolah yang sudah dilantik ini untuk ikut serta mendaftarkan diri sebagai kepala penggerak karena dengan begitu kita bisa menjalankan kurikulum terbaru”,ujarnya.

Sementara itu Ketua PDA Banyumas Dr. Hj. Zakiyah, M.S.I. dalam sambutan balasannya mengatakan, “Ini menjadi awal kita melangkah lebih maju untuk lembaga pendidikan yang ada di ‘Aisyiyah. Semoga kepala sekolah semua senang dan ikhlas menerima tanggungjawab ini, sehingga akan menjadi amal saleh”.

 

Penulis: Rhani

Editor  : Mintarti

Shared Post: