'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Banyumas Sukses Menyelenggarakan Seleksi Kepala PAUD Aisyiyah Berprestasi se-Kabupaten Banyumas Tahun 2022
19 Januari 2022 10:17 WIB | dibaca 104

Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Banyumas sukses menyelenggarakan seleksi Kepala Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Aisyiyah berprestasi se-Kabupaten Banyumas di Balai Aisyiyah, Sabtu 15/01/2022. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 08.00 – 16.30 WIB.

Seleksi Kepala PAUD Aisyiyah berprestasi ini diikuti oleh 150 Lembaga PAUD Aisyiyah yang tersebar di 26 Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) se-Kabupaten Banyumas. Dari tanggal 1 – 6 Januari 2022 mereka diseleksi di cabang dengan juri dari cabang, diambil juara I yang akan mewakili cabang tersebut ke tingkat daerah. Berbagai tahapan seleksi pun digelar mulai dari penilaian AIK (Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Keaisyiyahan), membaca Al-Qur’an, salat, manajemen sekolah, best practice, dan portopolio.

Dewan juri utama kegiatan ini adalah Ketua Majelis Dikdasmen Sri Herowati, S.Pd.AUD dan Ketua Umum PDA Banyumas Dr. Hj. Zakiyah, M.S.I. yang menilai aspek AIK. Selain itu ada pula juri tamu yang dihadirkan dalam kegiatan ini, yaitu Dr. Labib Sajawandi, S.Pd.I. yang menilai manajemen sekolah dan Dr. Desti Pujiati, S.Pd., M.Pd. sebagai juri best pratice. Kedua juri tamu ini adalah dosen dan kepala salah satu program studi di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP).

Sri Herowati, S.Pd.AUD. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini didasarkan pada program kerja Majelis Dikdasmen PDA Banyumas Periode 2015 – 2020, khususnya hasil rapat koordinasi Majelis Dikdasmen PDA dengan Majelis Dikdasmen PCA se-Banyumas pada tanggal 14 Desember 2021.

Selanjutnya Sri Herowati mengatakan, “Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah agar terjaga mutu dan meningkatnya kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional kepala sekolah Aisyiyah. Tujuan lainnya yaitu terwujudnya kepala sekolah Aisyiyah yang mampu berkompetisi secara profesional dan mewujudkan kepala sekolah yang SEKSI (Smart, Elegan, Kharismatik, Solutif dan Inovatif). Tujuan ini sesuai dengan moto Majelis Dikdasmen yaitu Lembaga Aisyiyah harus selangkah lebih maju dari lembaga lainnya”.

Ketua Umum PDA Banyumas Dr. Hj. Zakiyah, M.S.I. dalam sambutan berikutnya mengatakan, “Terimakasih kepada Majelis Dikdasmen yang tak henti terus bersemangat menjalankan program-programnya. Selamat mengikuti seleksi Kepala Sekolah PAUD Aisyiyah berprestasi se-kabupaten. Ini akan menjadi media dan sarana untuk bisa mengetahui kompetensi, kapasitas, dan kualitas kepala PAUD yang ada di lingkungan Aisyiyah, walaupun selama ini sebenarnya sudah tidak diragukan lagi kemampuannya”.

 “Aisyiyah harus membantu mencerdaskan kehidupan bangsa.Tidak hanya cerdas dari sisi intelektual tetapi juga dalam akhlakul karimah. Ini yang akan menjadi visi dan misi PAUD Aisyiyah tidak hanya se-Kabupaten Banyumas melainkan se-Indonesia. Semoga semua yang ikut berjuang dan berkiprah akan menjadi amal saleh kita semua”,ujarnya.

      

Setelah dilakukan seleksi dan penjurian, diperoleh nama-nama yang menjadi juara dalam kompetisi ini. Berikut ini adalah nama-nama pemenang tersebut:

  1. Juara 1 Armiyati, S.Pd. dari PCA Kemranjen (TK ABA 2 Sirau)
  2. Juara 2 Dwiana Puspitasari, S.E.,S.Pd. dari PCA Purwokerto Selatan (KB Aisyiyah Berkoh)
  3. Juara 3 Dian Felani, S.Pd.AUD. dari PCA Patikraja (TK ABA Kedungrandu)
  4. Juara Harapan 1 Mukhairah, S.Pd.AUD. dari PCA Cilongok (TK Aisyiyah Pejogol)
  5. Juara Harapan 2 Aniti Desabela, S.Pd. dari PCA Somagede (TK ABA Somagede)
  6. Juara Harapan 3 Suwarni, S.Pd.AUD dari PCA Jatilawang (BA Aisyiyah 2 Tinggarjaya)

 

Penulis: Rhani

Editor  : Mintarti

Shared Post: