'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
RAPAT PERIODIK OFFLINE PERTAMA PASCAPANDEMI PIMPINAN CABANG AISYIYAH (PCA) SE-DAERAH BANYUMAS
02 April 2022 12:29 WIB | dibaca 66

Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Banyumas untuk pertama kalinya menggelar secara luring Rapat Periodik pada Ahad, 24 Sya’ban 1443 H / 27 Maret 2022 M pukul 08.00 – 12.00 WIB bertempat di SD IT Muhammadiyah, Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Rawalo. Kegiatan ini dihadiri oleh unsur pimpinan harian, ketua majelis dan lembaga serta perwakilan PCA se-Kabupaten Banyumas yang berjumlah 28 cabang. Masing-masing cabang diwakili oleh 2 orang yaitu ketua dan sekretaris. Kegiatan ini juga dihadiri oleh wakil dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Rawalo. Pertemuan ini dilakukan dengan suasana santai tanpa mengurangi substansi pembahasan.

Acara diawali dengan sambutan dari Umi Rosdiyati, S.Pd. yang merupakan Ketua PCA Rawalo. Dalam sambutannya ia mengucapkan selamat datang kepada Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Banyumas dan para utusan dari cabang-cabang se-Kabupaten Banyumas. Umi mengatakan, “Sebetulnya jadwal rapat periodik di PCA Rawalo adalah pada tanggal 14 Maret 2020. Namun saat itu datang tamu yang tidak diinginkan yaitu covid-19, sehingga segala aktivitas menjadi benar-benar terbatas. Alhamdulilah pada hari ini kita bisa melaksanakan rapat periodik. Semoga rapat ini berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan”.

Acara dilanjutkan dengan tausiyah, sambutan, dan laporan dari masing-masing majelis dan lembaga. Tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Subagyodari PCM Rawalo mengulas beberapa hal terkait penetapan 1 Ramadhan 1443 H yang jatuh pada tanggal 2 April 2022. Penceramah juga menerangkan tentang tanda-tanda orang bertakwa. Sementara itu, dalam sambutan yang disampaikan setelah tausiyah, Ketua umum PDA Banyumas Dr. Zakiyah, M.S.I mengucapkan terimakasih kepada PCA Rawalo. Ia mengatakan, “Rapat periodik kali ini mengawali kegiatan offline. Beberapa aspek yang dibahas yaitu tentang informasi muktamar yang bertema “Perempuan Berkemajuan, Mencerahkan Peradaban Bangsa”, persiapan menyambut Ramadhan, dan kegiatan Aisyiyah pascapandemi”.

  

Pada acara penyampaian laporan, tujuh majelis dan tiga lembaga yang ada di lingkungan PDA Banyumas melaporkan kegiatan-kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan sesuai dengan program kerja masing-masing. Penyampaian laporan dilakukan oleh para ketua yang mengkoordinir majelis dan lembaga tersebut. Laporan pertama disampaikan oleh Udji Prihati, S.H., Ketua III yang membawahi Majelis Kesejahteraan Sosial (MKS), Majelis Hukum dan HAM (MHH) dan Majelis Tabligh (MT). Laporan kedua disampaikan oleh Dra. Nasiyah, Ketua I yang mengkoordinir Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen), Majelis Pembinaan Kader (MPK), Lembaga Penelitian dan Pengembangan Aisyiyah (LPPA), dan Lembaga Kebudayaan (LK). Yang terakhir, laporan disampaikan oleh Sekretaris I Dra. Rasiwen yang mewakili Ketua IV Ratifah, S.ST., M.Kes., yang berhalangan hadir.Ketua IV adalah ketua yang mengkoordinir Majelis Kesehatan (MK), Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan, (MEK), serta Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Kebencanaan (LLHPB).

Di akhir rapat ditambahkan informasi tentang beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan seperti  kepanduan Hizbul Wathan (HW), pemutihan Surat Keputusan (SK) PAUD Aisyiyah se-Kabupaten Banyumas di Aula Abu Dardiri kantor PDM Banyumas pada tanggal 31 Maret 2022, serta sosialisasi kesejahteraan guru non-PNS dan non-sertifikasi oleh LazisMu Banyumas, pada tanggal 29 Maret 2022.

 

Penulis: Rhani

Editor  : Mintarti

Shared Post: