'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Sekolah Wirausaha 'Aisyiyah (SWA) PDA Banyumas
13 Februari 2018 14:15 WIB | dibaca 946

Menindaklanjuti Tanfidz Keputusan Tanwir 'Aisyiyah Tahun 2012 di Yogyakarta, Majelis Ekoomi dan Ketenagakerjaan (MEK) PDA Banyumas membuka Sekolah Wirausaha 'Aisyiyah (SWA) Angkatan I pada tanggal 11 Februari 2018 bertempat di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

SWA adalah program pemberdayaan perempuan melalui pendidikan dan pendampingan usaha yang diselenggarakan oleh Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah.

SWA mempunyai misi menjadi pelopor terciptanya perempuan mandiri yang berkarakter islami dan berjiwa nasionalisme. Sedangkan maksud diselenggarakannya SWA yaitu sebagai pedoman pelaksana program Sekolah Wirausaha‘Aisyiyah berbasis Daerah ‘Aisyiyah di seluruh Indonesia. Sedangkan tujuannya adalah menyamakan pola pikir dan pola tindak pelaksanaan Sekolah Wirausaha ‘Aisyiyah, memberikan panduan pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program Sekolah Wirausaha ‘Aisyiyah, dan memberikan petunjuk pelaksanaan dan batasan operasional program Sekolah Wirausaha ‘Aisyiyah.

Ketua MEK PDA Banyumas Dr. Hj. Naelati Tubastuvi, M.Si. mengatakan, sasaran peserta SWA adalah perempuan usia produktif dan umum. Untuk angkatan I diutamakan dari PCA se Kabupaten Banyumas sebanyak 30 orang dengan rata-rata usia maksimal 40 tahun. Sedangkan untuk angkatan berikutnya dibuka kesempatan untuk umum.

Materi yang disampaikan meliputi teori (kewirausahaan 1, merancang bisnis/usaha I, merencanakan proses produksi, pembukuan usaha, 7 kesalahan pengusaha pemula, pemasaran produk, membangun jejaring usaha, ke’Aisyiyahan), praktek (pembuatan produk/jasa yang disesuaikan dengan potensi daerah, misalnya membuat sabun E-klin, Soyfit A, Tata Rias), dan kunjungan usaha dan mentoring (konsultasi usaha dan mengunjungi pengusuha yang sukses).

Adapun instruktur dan mentor diambilkan dari warga Muhammadiyah dan 'Aisyiyah yang berkompeten di bidangnya serta dosen FEB UMP.

Shared Post: